Kamis, 24 Januari 2019

Tips menenangkan Balita di Pesawat

Hmm, mamak ngerasa perlu ngeposting ini dalam satu topik sendiri nih.
Jadi karena kemarin baru pertama kali bawa Kiona travel pake pesawat, mamak beneran kalut kalo sampe anaknya ga betah di pesawat. Walau cuma flight 2,5 jam, cuma tetap aja kan deg-degan.. Apalagi kalau pake maskapai yang ga ada hiburan atau makanannya, hmmm....
Hahahaha.
Jadi kemarin mamak udah cari beberapa tips dan menerapkannya dan lumayan ampuh sih.
Biarkan mamak share di sini tips-tips menenangkan Balita saat berada di pesawat:
  1. Cara pertama yang paling aman agar si kecil tenang selama dalam pesawat adalah dengan menidurkannya. Cuma untuk flight lebih dari 2 jam cara ini ga cukup. Ga mungkin todler bisa tahan tidur 2 jam lebih dengan kondisi duduk atau dipangku/gendong kan. Untuk menidurkannya bisa dengan banyak cara sih, ya ini tergantung gimana cara tidur dari masing-masing anak kan.
  2. Pada saat take off dan landing, tutup telinga anak dengan tangan atau ear muff, untuk menghindari perubahan tekanan yang tiba-tiba yang bisa membuat si kecil ga nyaman.
  3. Bawa makanan atau minuman ringan yang disukai anak. Dengan begitu si kecil akan tenang menikmati camilannya. 
  4. Bawa barang favorit anak. Buku atau mainan, ini cukup efektif karena si kecil akan sibuk dengan dunianya sendiri. Bacakan buku dan minta si kecil menjelaskan apa saja yang dilihatnya di buku. Kalau mainan, mamak bisa membungkusnya sebelum perjalanan untuk kemudian si kecil buka saat di pesawat. Karena anak suka surprise dan akan penasaran dengan isi di balik bungkus tersebut. Bisa juga membungkus permen atau coklat.
  5. Jika si kecil suka menonton video, terlebih dahulu download video kesukaan di youtube untuk bisa ditonton off line di pesawat
  6. Bawa kertas gambar dan pensil warna atau buku aktivitas lain. Lumayan bikin aktivitas di pesawat.
  7. Yang terakhir, ortunya juga harus tenang, biar anaknya bisa tenang
Hihihi. Semoga cara di atas ampuh juga buat anak-anak kita ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar