Kamis, 24 November 2016

Kiona si bayi kuning?

Selepas pulang dari RS, tetep ada yang namanya cek up dan cek up.. Emang ya RS ga mau rugi.. Tapi demi kesehatan dan kesejahteraan, ya harus diikutin juga..

Kami pulang dari RS tanggal 2 November dan Kak Kiona diminta datang lagi untuk imunisasi tanggal 5 November..
Yang aku herankan, harusnya seenggaknya ada 1 vaksin yang langsung dikasi pas bayi baru lahir, tapi ternyata kak Kio sama sekali ga di vaksin waktu dia lahir..

Tgl 5 November aku, kak Kio dan mama (suami kebetulan lagi kerja) ke RS Masmitra jam 14.00 untuk bertemu dengan dokter Arif yang kebetulan waktu lahiran bantuin Kio sebagai dokter anak.
Dateng ke RS dengan perasaan senang karena anakku mau dikasi kekebalan nih buat penyakit2..

Sampe di RS kami langsung ke lab karena dirujuk untuk cek golongan darah dan bilrubin (merasa aneh lagi, kok golongan darah ga diambil pas lahir kemarin)..

Kak Kio yang emang tukang nangis pas diambil darahnya otomatis nangis ngejer.. Nangis sejadi-jadinya ampe aku sebagai orang tua pengen ngomong ke mba-mba lab nya, udah ambil aja darah saya mba (kalo bisa diwakilin) dan begonya, mba-mba labnya susah banget nyari uratnya Kio.. Sampe pindah tangan, uda disuntikin beberapa kali ga dapet2 juga.. Ini apa karna Kio badannya tegang semua makanya ga dapet2 juga, tapi kan tetep aja ga tega ngliat anak sendiri disuntikin berkali2..
Abis dapet darahnya, langsung dikasi nyusu ama emaknya (FYI, air susuku udah keluar, ntar akan dibahas di postingan selanjutnya ya)..

Sembari nunggu hasil lab, sembari nunggu Dr. Arif..
Jadwal dokter dari jam 14.00 s/d 15.00 tapi si Dr baru dateng jam 17.00.. Grrrr, ga profesional banget deh ni dokter, terlepas dari urusan beliau mungkin ada yang urgent, tapi harusnya ngabarin kek..

Sekitar jam 17.15 kami dipanggil ke ruang Dr karena kami dapet nomor antrian 3..
Trus kak Kio dicek, katanya pernafasan sama pencernaannya bagus (bayi 4 hari coy), jantungnya juga baik.. Tapi pas diliat hasil labnya, ternyata bilirubinnya tinggi..
Dan ga tanggung-tanggung si Dr langsung nyuruh Kio dirawat pake blue light..

Siapa yang ga panik coba, dateng ke RS niatnya buat imunisasi, nyampe sana malah disuruh di rawat di ruang intensive yang ga boleh ada orang, 2 hari pulak..

Ggggrrr.. Kalo inget itu jadi kesel sendiri..
Karena aku panik, suami ga ada, mama nyaranin aku ikutin apa kata dokter karena bilirubin tinggi artinya Kio kuning..

Padahal mata, kulitnya Kio normal-normal aja.. Emang sih dalam 4 hari ini Kio cm dijemur 2 hari aja, itu bukan karena emaknya males ya, itu karena dalam 4 hari ini cuma 2 hari yang ada sinar mataharinya, sisanya hujan.. Ditambah hari pertama kedua dimana air susu aku juga emang ga keluar sama sekali.

Tapi karena namanya udah panik, ditambah suami yang ngomong, ya udah terserah kamu gimana baiknya, dan mama yang bilang ikutin aja kata dokter, jadilah aku setuju Kio dirawat intensive di ruang berlampu biru itu.. Aku sempet ngadep lagi ke Dr. Arif, apa ga ada cara lain selain di rawat, dan jawaban ngeselin yang aku terima adalah kalo mau sehat ya harus dirawat 2 hari.. Iiih, dipikir-pikir sekarang jadi kesel sendiri kemakan kepanikan sama omongan kayak gitu..

Kio yang emang tukang nangis, udah tau lah kalo ditinggal sendirian nangisnya pasti kayak apa..
Aku di RS juga udah nangis-nangis mikirin gimana Kio ditinggal sendiri di RS tanpa kami..
Aku terpaksa beli susu formula karna memang air susuku ga terlalu banyak utk dipumping dan bli popok sekali pakai juga. 

Suami buru2 pulang dari kantor ambil semua keperluan Kio yaitu botol susu, empeng sekalian jemput ak dan mama..

Tiap ditinggal ato pindah ke tangan suster ato diletakin di ruang biru, Kio nangis trus sampe ga tega ninggalin si Kio sendirian di RS..

Malemnya aku ga berhenti nangis, rasanya kayak lagi patah hati banget, ga kebayang Kio pasti nangis terus di RS..

Sambil searching2, malemnya baru bisa berpikir sedikit lebih jernih.. Ternyata setiap bayi itu pasti kuning.. Penanganannya ya cuma jemur matahari dan minum susu sebanyak-banyaknya. Berasa tolol mau aja dijadiin ajang cari duitnya RS itu.. Iiih, kesel banget..
Dan ternyata wajar kalo bayi 4 hari bilirubinnya di atas 10.. Gggggrrr.. Tambah kesel lagi.. Akhirnya sepakat sama suami besok pagi langsung ambil Kio dari RS dan ga akan mau ke Dr. Arif lagi.. Bukannya nenangin malah kasi solusi yang nguntungin dia ama RS doang..

Paginya aku coba pumping karena semaleman ga nyusuin Kio, setengah jam dapet 120ml.. Lumayan buat persediaan..
Jam 07.30 langsung ke RS dan jemput kak Kio. Kata dokter yang jaga, semaleman Kio nangis terus.. Huaaaaa, maafin mama ya nak.. Ga akan lagi kamu mama tinggal sendirian..
Sampe pas digendong, ga tau ini sugesti aja karna semaleman ga gendong Kio ato emang beneran, badan Kio jadi ringan gitu... 😭😭😭
Ya Tuhan.. Apa karna nangis semaleman..
Pokoknya ga akan ditinggal-tinggal lagi ya kak.. Dasar RS mata duitan...

Biaya selama di RS kurang lebih setengah hari itu ngabisin uang sebanyak Rp 1.3 juta.. Bagi kami yang bukan dari keluarga kaya raya ya uang segini juga udah banyak kan, apalagi kemarin baru beres lahiran..
Rincian biaya
Dan di RS ini kalo rawat inap itu entah kenapa disuruh deposit duluan.. Kemarin diminta deposit 2.8juta..

Ya sudahlah..
Pelajaran yang bisa diambil apalagi kalo keluarga baru kayak kami ini, jangan gampang panik situasi apapun, nanti malah jadi salah ambil keputusan kayak kami.. Sebelum ambil keputusan ada baiknya searching sebanyak-banyaknya atau tanya ke orang-orang yang lebih tau atau seenggaknya udah pernah ngalamin hal serupa..
Sampai kemarin pas mau jemput Kio ke RS, satpam cluster kami yang baru lahiran kembar sempet bilang, kuning ga usah sampe dirawat bu, anak saya kuning aja ga dirawat.. Dan akhirnya bener-bener memantapkan hati untuk ga akan ke Dr. Arif lagi.. Mau cari Dr lain aja mendingan..

Yah, itu lah cerita kak Kio yang katanya kuning.. So untuk newbie parents, setiap bayi pasti kuning, jadi jangan panik, yang penting tetap dijemur dan kasi minum ASI yang banyak..

Oke, itu dulu, see you in next posting..
Salam cium dari kak Kiona..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar