Kamis, 24 November 2016

Semangat mengASIhi

Aoooooo..
Para mommy and mommy to be..

Kali ini mau cerita tentang dunia perASIan..

Seminggu sebelum Kio lahir sempat ada kekhawatiran tentang air susuku.. Aku sempat searching, kok bisa ada bunda-bunda yang malah sebelum lahiran, air susunya udah keluar.. Sedangkan aku... Haaaa? Selesai baca posting langsung pijet sana sini (pijet payudara sendiri) berharap air susunya bisa keluar kayak orang-orang. Dan ternyata ga keluar juga. Aku positif thinking, mungkin nanti setelah lahiran baru bisa keluar air susunya..

Tanggal 1 November saat Kio lahir, aku ga langsung IMD, hampir satu setengah jam Kio dan aku ga bersentuhan kulit karena aku dibius total untuk menjahit bagian tubuh yang robek.. Sebenernya mungkin bukan karena itu juga air susu aku ga keluar ya.. Hahaha..
Tapi setelah 2 hari di RS, air susuku tetap ga bisa keluar, ditambah Kio yang selalu nangis karena lapar.. Jujur, saat itu aku sempat down..
Apalagi sewaktu di RS, suami dan orangtuaku malah menyuruhku kasi susu formula aja karena kasihan liat Kio nangis trus ga dapet susu dari emaknya.. Makin down aja lah aku karena ga ada yang dukung aku buat kasi ASI eksklusif buat Kio..
Sewaktu di RS, ada suster yang bilang ke aku karena aku akhirnya menyerah dan minta suster kasi sufor aja, katanya "bun, bayi itu ga minum ASI selama 3 hari juga ga akan kenapa2, karena di tali pusarnya masi menyimpan makanan untuk dia, jadi kalo mau tetap kasi ASI eksklusif ya harus tetap berusaha, jangan dikasi sufor, malah kasian nanti bayinya.. Karna yang terbaik itu cuma ASI".. Kata-kata itu nenangin banget dan bikin aku mau usaha harus ASI..

Sampe rumah di tanggal 2 malam beranjak ke tgl 3, air susuku ga juga keluar walaupun uda sering dihisap Kio yang katanya bisa menstimulus keluarnya air susu..
Suami, mama dan mertua tetap kekeuh kasi sufor, dikit-dikit nangis kasi sufor..
Jujur, itu malah makin bikin down dan kesel banget. Wong emaknya lagi berusaha, malah dibilangin kayak gitu.. Yup, aku ngerti niat mereka emang baik, tapi kan aku juga masih mau berusaha.. Ya namanya juga usaha.. Kalo kasi sufor, secara mental pasti udah jatuh duluan.. Mikirnya " ah, udah ada susu formula ini"..

Tanggal 3 November siang, teman-teman kantorku yang pas di RS belum sempat jenguk akhirnya datang ke rumah.
Aku menceritakan ke mereka kalau air susuku sama sekali ga keluar dan terpaksa Kio aku kasi sufor..
Mereka marah-marah (ya ampun betapa baiknya temen-temenku ini). Akhirnya ada salah seorang teman ku yang memang lagi menyusui anaknya juga, kita sebut saja namanya mba Bunga.
Mba Bunga ini ikut klinik laktasi di RS Carolus dan menunjukkan ke aku cara yang benar memijat payudara..
Mba Bunga mencoba memijat PDku, dan katanya ini ASIku banyak banget, tapi ga bisa keluar, ini ntar malah bikin demam karena ga bisa keluar.
Akhirnya aku diajari cara memijat yang benar, cara menghancurkan ASI yang keras yang masih mampet di payudara..
Ada kali sejam, udah kayak kuliah 2 SKS.. Akhirnya air susuku keluar, kolustrum yang keluar ditampung dan akan dikasi nanti pas Kio minum lagi.
Mba Bunga malah bilang, dulu awal-awal dia malah sampe semingguan baru bisa keluar air susunya..
Puji Tuhan, benar-benar beruntung punya teman kantor seperti mereka.. Mereka bisa menguatkan aku, dan bukan kebetulan Tuhan mengirim mba Bunga ini di tengah-tengah kegalauanku..
Karena jalannya udah dibuka walaupun masih keluar sedikit, yang penting udah keluar..

Malamnya mertua datang, dan Kio masih tetap diberikan susu formula ditambah kolustrum yang tadi keluar.. Karena air susuku masih sangat sedikit..

Ditanggal 4, masih terus berusaha kasi Kio ASI biar tetap dirangsang, ditambah makanan ASI booster dari mama dan mertua.. Bangun-bangun, katuk, buah-buahan, sop uda semua aku minum makan..

Di tanggal 5, insiden Kio si bayi Kuning, ini agak bikin nyesek juga disaat asi yang belum banyak, kak Kio harus dirawat, akhirnya beli lagi sufor nya..

Di tanggal 6 pagi, karena sedari malam tidak menyusui Kio, saat di pumping bisa sampe 120ml. Hal ini membuat aku semangat, karena aku tahu air susuku ga sedikit-sedikit amat kok.

Pulang dari RS, susu formula sama sekali ga kami pake karena Puji Tuhan setelah dari situ, ASIku bener-bener melimpah sampai tumpah-tumpah..

Saat ini disamping bisa memenuhi kebutuhan susunya kak Kio, tiap hari aku bisa pumping sampe dengan 90ml.. Kalo lagi banyak-banyaknya bisa 150ml (ini pencapaian terbanyak)..

So untuk para bunda-bunda yang sedang berjuang demi ASI, jangan mau kalah sama iming-iming susu formula.. Bukan karena kasihan bayi kita kehausan, malah lebih kasihan nanti kalo kita kasi sufor, selain membuat si bunda "down" dan akhirnya berhenti berjuang kasi ASI, juga harus diingat sufor itu ga lebih baik dari ASI! ASI lah yang paling baik untuk bayi.. So tetap berjuang dan semangat mengASIhi..
😘😘😘😘
Hasil perahan dari tanggal 11
Oke, itu aja dulu..
Kiss kiss dari Kiona si bayi ASI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar