Minggu, 22 Januari 2017

DPT bikin demam? oh NO!!!

Salah satu vaksin yang paling ditakuti sama para orang tua adalah vaksin DPT atau DTP.
Why?
Karena vaksin ini berefeksamping demam ke bayi yang divaksin dan akan menyebabkan bayi rewel sepanjang hari.
Tapi mom ga perlu khawatir karena vaksin DTP ini juga sudah tersedia untuk yang katanya bikin ga demam. Vaksin DTP yang biasanya beredar selalu dikombinasikan dengan vaksin lain seperti hepatitis B, polio dan HIB sehingga dengan 1 vaksin, bayi sudah mendapatkan beberapa vaksin sekaligus.
Setahuku, ada 3 jenis vaksin yang dimix dengan vaksin DTP ini yaitu:
1. Pentabio (terdiri dari DPwT, Hepatitis B dan HiB)
2. Infrarix/Pediacel (terdiri dari DPaT, Hepatitis B, Polio dan HiB)
3. Hexaxim  (terdiri dari DTaP, Hepatitis B, Polio dan HiB)

Loh kok Hexaxim, Infrarix dan Pediacel sama kandungan vaksinnya? Yup sama, hanya perusahaan pembuat vaksinnya saja yang berbeda.
Harga??
Jelas sangat jauh sekali sodara-sodara.
Di RS Masmitra tempat Kio vaksin, Pentabio yang katanya bikin demam itu (karena kandungan DPwT) harganya Rp 150 ribu, untuk Infrarix dan Pediacel Rp 650 ribu, sedangkan hexaxim melonjak harganya langsung ke Rp 950 ribu (mengandung DPaT yang anti demam)

Nah apa beda DPwT dan DPaT?
Pentabio merupakan vaksin yang menggunakan DPwT. Huruf “w” pada kata “DPwT” menandakan bahwa vaksin ini menggunakan whole cell atau sel utuh dari komponen pertusisnya. Artinya seluruh bagian tubuh kuman pertusis dimasukkan yang nantinya akan meningkatkan resiko kejadian demam. Sedangkan Infanrix-Hib-IPV dan Pediacel menggunakan DPaT yang mana huruf “a” menandakan bahwa vaksin ini menggunakan acellular pertussis, maksudnya hanya bagian-bagian tertentu saja dari kuman pertusis yang diambil.   Apa yang membedakan Pediacel dan Infanrix-Hib-IPV? Pediacel menggunakan 5 komponen pertusis sehingga sering disebut DTaP5 sedangkan Infanrix-Hib-IPV menggunakan 3 komponen pertusis sehingga sering disebut DTaP3. Mana yang lebih sering menyebabkan demam? Belum ada penelitian khusus yang membandingkan kedua vaksin tersebut. Belum tentu ketika lebih banyak komponennya maka akan menyebabkan resiko demam lebih tinggi karena seperti kita ketahui bahwa teknologi terbaru vaksin memungkinkan penggunaan antigen yang lebih kecil dengan ajuvan sehingga efek sampingnya bisa dikurangi.
Diambil dari artikel terkait disini

Kiona yang saat ini hampir berumur 3 bulan, sudah jadwalnya untuk vaksin DPT. Kami sebagai orang tua mau supaya Kio tidak demam, sehingga tidak rewel, jadi kami sudah menyiapkan dana untuk vaksin hexaxim untuk Kio.
Namun ketika di RS, mamanya berubah pikiran karena Dokter Ida di RS Masmitra menerangkan bahwa memang kandungan hexaxim dan infrarix itu memang sama. Perihal demam atau tidak demam itu tergantung lagi ke daya tahan tubuh si bayi. Mau dikasi vaksin hexaxim yang paling mahal sekalipun, kalau si bayi memang sedang lemah, pasti akan demam juga walau tidak parah, sedangkan jika daya tahan si bayi memang sedang baik, diberikan vaksin pentabio pun pasti tidak demam.
Ya kembali ke keyakinan orangtua dan budget juga sih.
Akhirnya Kiona kami berikan vaksin Infrarix saja. dan Puji Tuhan samapi saat ini dia tidak demam. Sedikit rewel mungkin karena badannya agak pegal pasca vaksin.
Tapi sekarang princessnya mama cuma nangis sebentar saat di vaksin.
Kiona kan anak pinter. Hehehehehe..
Sehat terus nak..
Nanti kita datang 2 bulan lagi untuk vaksin Infrarix kedua ya nak..
KISS
abis vaksin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar